Langsung ke konten utama

Mie Gacoan: Mie Pedas Viral Nomor 1 di Indonesia, Jadi Incaran Para Pemuda

Mie Gacoan merupakan sebuah merk dagang di bidang food and beverage yang berdiri sejak awal tahun 2016, yaitu restaurant mie pedas nomor 1 di Indonesia  yang menjadi anak perusahaan PT Pesta Pora Abadi. Mengusung konsep resto modern dengan harga yang affordable, kehadiran Mie Gacoan telah mendapatkan apresiasi luar biasa dimana Mie Gacoan hadir untuk melayani puluhan ribu pelanggan setiap bulan nya. 

Nama "Mie Gacoan" diambil dari kata "Gaco" yang artinya jagoan / andalan dalam bahasa jawa. Tidak heran jika Mie Gacoan menjadi tempat bersantap favorit bagi masyarakat indonesia, khususnya mahasiswa, pelajar dan keluarga. Dengan mengusung suasana restoran yang atraktif, keren dan lega, dan juga dilengkapi berbagai fasilitas membuat setiap pengunjung makin betah dan selalu ingin kembali lagi. Oleh karena itu, perlu mengedepankan inovasi agar Mie Gacoan tetap relevan dan menjadi pilihan terbaik bagi para customer fanatik.

VISI:

Menjadi brand F&B retail terbaik dan terbesar dengan standard pelayanan, produk, dan kebersihan bertaraf internasional

MISI:

1. Menyediakan produk terbaik dengan harga yang sangat terjangkau untuk customer kelas menengah

2. Menciptakan customer experience yang terbaik dan berkelanjutan

3. Membawa nama Indonesia ke dalam peta F&B dunia


Agar dapat bersaing dengan kompetitor yg sebidang, sebuah bisnis harus dapat melakukan analisis lingkungan perusahaan untuk keberlangsungan usahanya. Dalam melakukan analisis lingkungan mikro dan makro perusahaan Mie Gacoan, berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

Analisis Lingkungan Mikro Perusahaan Mie Gacoan:

1. Pesaing

Perusahaan Mie Gacoan harus selalu memperhatikan pesaingnya, seperti Indomie, Sarimi, dan dan juga produk cepat saji yang sejenis dengan Mie Gacoan. Hal ini akan mempengaruhi strategi marketing, harga, kualitas produk, dan lain-lain.

2. Pelanggan

Pelanggan adalah aset utama bagi perusahaan. Oleh karena itu, Mie Gacoan harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan serta memberikan pelayanan yang baik.

3. Pemasok

Pemasok bahan baku seperti tepung, bumbu, dan sebagainya, mempengaruhi kualitas produk dan harga jualnya. Mie Gacoan harus menjalin hubungan yang baik dengan pemasoknya agar bisa memperoleh bahan baku yang berkualitas dan harga yang kompetitif.

4. Distributor

Distributor berperan penting dalam menjual produk Mie Gacoan. Oleh karena itu, perusahaan harus menjalin kerjasama yang baik dengan distributor untuk memastikan produknya dapat dijual secara luas.

5. Karyawan

Karyawan merupakan sumber daya manusia yang penting bagi perusahaan. Mie Gacoan harus memastikan karyawan memiliki keterampilan yang memadai dan diberikan pelatihan secara berkala agar dapat memberikan pelayanan yang baik.


Analisis Lingkungan Makro Perusahaan Mie Gacoan:

1. Politik

Kebijakan pemerintah terkait perpajakan, regulasi, dan lain-lain akan mempengaruhi kondisi bisnis Mie Gacoan.

2. Ekonomi

Kondisi ekonomi makro seperti inflasi, nilai tukar, dan pertumbuhan ekonomi dapat mempengaruhi daya beli konsumen dan permintaan produk Mie Gacoan.

3. Sosial

Perubahan gaya hidup dan pola makan masyarakat dapat mempengaruhi permintaan produk Mie Gacoan.

4. Teknologi

Perkembangan teknologi dapat mempengaruhi proses produksi dan pemasaran produk Mie Gacoan.

5. Lingkungan

Perusahaan harus memperhatikan dampak lingkungan dari kegiatan produksi dan memastikan kegiatan operasionalnya berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dalam sebuah bisnis, manajemen pemasaran bertugas untuk membangun hubungan dengan pelanggan yang dilakukan dengan menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan. 

#STPSahidSurakarta #AlihJenjangKepariwisataan #ManajemenPemasaranPariwisata #STP_Sahid_Surakarta 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solo Perlu Kembangkan Industri Pariwisata

B3219030 Kirana Pradipta Nariswari  penulis blog ini, aktif sebagai civitas akademika UNS, mahasiswa program studi D3 Usaha Perjalanan Wisata ( http://fib.uns.ac.id/program-studi/usaha-perjalanan-wisata/ ) dari Fakultas Ilmu Budaya ( http://fib.uns.ac.id/ ) Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua, om swastiastu, namo budhhaya, salam kebajikan. Salam Budaya!       Kota Solo memiliki sumber daya sosial budaya yang beragam dan bernilai tinggi untuk dikembangkan menjadi industri pariwisata berbasis kekayaan budaya lokal. Oleh karena itu, industri pariwisata di Kota Solo sangat potensial untuk dikembangkan. Demikian inti hasil diskusi publik “Optimalisasi sektor Pariwisata melalui penguatan budaya lokal sebagai strategi menghadapi MEA” yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya, UNS Rabu (24/2) di kampus setempat. Hadir sebagai pembicara adalah pemerhati pariwisata dari UNS Prof. Warto, Fina...
SOLO Kota Budaya Solo merupakan kota penuh nuansa sejarah dan budaya, memilki tradisi Jawa yang dibanggakan masyakatnya. Sebuah tempat yang akan membuat Anda terkesima dengan beragam atraksi warisan budaya Jawa kuno. Paling tidak beberapa hari harus Anda sisihkan untuk menikmati semua sajian wisata yang mengagumkan di sini. Dari menjelajahi kota sambil melihat keraton, mengunjungi pasar tadisional, berbelanja batik dan kerajinan yang berkualitas, melihat atraksi tarian solo yang penuh keagungan, wayang kulit, kuliner yang lezat, dan tentunya berkomunikasi langsung dengan masyarakatnya yang ramah. Kota Solo atau disebut juga  Surakarta  adalah kota kuno yang dibangun Paku Buwana II. Riwayat kota ini tidak bisa lepas dari sejarah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan penerus Kerajaan Mataram Islam. Surakarta dikenal sebagai salah satu pusat dan inti dari kebudayaan Jawa kuno karena secara tradisional merupakan salah satu pusat politik dan pengembang...